PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA KINCIR AIR

Listrik adalah kebutuhan pokok dan memainkan peranan yang penting dalam kehidupan sehari hari manusia.

Saat ini banyak penduduk Indonesia tinggal di daerah yang tidak terjangkau jaringan listrik karena lokasi yang sulit ditempuh.

Sahabat Alam bertekad mengajak teman-teman Sahabat Alam untuk membantu saudara-saudara kita yang jauh dan tidak terjangkau dengan listrik untuk mendapatkan listrik.

Kami mengadakan peninjauan ke desa-desa di daerah Cianjur yang bisa kami tempuh dalam waktu 4 jam dari Jakarta dan diteruskan dengan berjalan kaki sejauh 4 km selama hampir 2 jam dan akhirnya kami menetapkan Desa Cilulumpang yang terletak di daerah pegunungan di Cianjur Selatan.

Dalam konteks krisis lingkungan bumi saat ini dimana pemanasan global yang menimbulkan berbagai perubahan iklim membuat kami berpikir untuk membuat pembangkit tenaga listrik yang menggunakan potensi alam setempat yang mampu berfungsi terus-menerus sepanjang tahun.

Potensi listrik yang kami terapkan adalah berdasarkan hasil penyisiran lokasi, potensi sumber alam yang digabung dengan ilmu yang kita dapat dari sekolah: science, matematika dan fisika yang akan memberikan sumber energi yang terbarukan dan ramah terhadap lingkungan dengan sebutan tenaga kincir air.

Cilulumpang mempunyai potensi tenaga air besar yang berasal dari Air Terjun Curug Dendeng yang bisa kami manfaatkan sebagai sumber energi alternatif lain sebagai pembangkit tenaga listrik yang disebut Pembangkit Listrik Tenaga Kincir Air.

Daya listrik yang kita dapatkan dari ketinggian 18 meter air terjun dikombinasikan dengan 14.16 litres per second flow (volume) dari air terjun tersebut akan menghasilkan:

Daya Listrik = Ketinggian x Flow x Gravitasi
18 x 14.16 x 9.81
2,500 watts

Pembangkit listrik tenaga kincir air juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil yang karena tidak menambah jumlah gas karbondioksida ke atmosfer yang akan memperburuk efek rumah kaca penyebab naiknya suhu muka bumi secara global.

Bagi masyarakat Indonesia yang mempunyai listrik akan membuat hidup mereka lebih baik dan desa mereka bisa berkembang. Aktifitas pembangunan bisa terkonsentrasi dengan berbagai fasilitas listrik yang mendukungnya. Mutu kehidupan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan juga lebih baik yang mana energi memiliki peranan yang sangat besar.

Akhirnya, 26 Juni 2009, kami berterima kasih kepad Tuhan YME yang memberikan kami jalan untuk menyelesaikan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Kincir Air untuk saudara-saudara kita di Cilulumpang untuk bisa mendapatkan lisrik.

by : Adeline Tiffanie Suwana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: